in

Istilah dalam Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

Istilah dalam Pinjaman Online yang Wajib Diketahui
pexels.com

Istilah dalam pinjaman online penting untuk Anda ketahui. Hal ini bertujuan untuk memudahkan segala proses transaksi. Mulai dari awal peminjaman hingga pengembalian dananya.

Istilah dalam Pinjaman Online yang Wajib Diketahui
pexels.com

5+ Istilah dalam Pinjaman Online

Ada banyak istilah yang bisa Anda jumpai. Sayangnya, tidak semua calon nasabah mengetahuinya, terutama mereka yang baru pertama kali menggunakan layanan pinjaman online. Untuk memudahkan Anda, berikut ini istilah-istilah yang umum dalam pinjaman online.

1. Tenor

Tenor adalah jangka waktu atau lamanya angsuran pinjaman harus nasabah lunasi. Umumnya, tenor akan disesuaikan dengan jumlah dana hingga jenis pinjaman yang nasabah ajukan.

2. Kreditur

Kreditur merupakan pihak, lembaga, atau perusahaan yang memberikan pinjaman dana kepada nasabah. Setiap pinjaman yang berlangsung, kreditur akan mendapatkan kembali dana pinjaman mereka dari nasabah.

Biasanya, pengembalian dana ini membutuhkan jangka waktu tertentu berserta tambahan bunga yang dibebankan kepada nasabah.

3. Debitur

Debitur merupakan pihak yang mengajukan atau menerima dana pinjaman dari kreditur. Sebagai pihak yang mendapatkan pinjaman, kreditur memiliki kewajiban untuk mengembalikan dana dengan tambahan bunga dan jangka waktu tertentu.

4. Agunan

Agunan adalah jaminan yang debitur atau pemilik dana tawarkan kepada kreditur atau peminjam dana. Dengan adanya agunan atau jaminan, proses transaksi dapat berjalan lancar, terutama dalam pembayaran cicilan.

Selain itu, agunan bisa kreditur jadikan alternatif terakhir untuk melunasi pinjamannya ketika mengalami kendala pembayaran.

5. Limit Kredit

Limit kredit adalah besaran jumlah dana pinjaman yang telah disepakati oleh lembaga keuangan kepada nasabah. Jumlah dananya sesuai dengan jumlah pinjaman yang nasabah ajukan.

Tak sedikit lembaga keuangan yang menolak pengajuan dana pinjaman karena terlalu besar. Bahkan, nasabah bisa mendapatkan dana pinjaman lebih sedikit dari pengajuannya.

6. Bunga

Bunga adalah besaran imbalan untuk jasa lembaga keuangan yang sudah meminjamkan dana mereka kepada para nasabah atau debitur. Terdapat berbagai jenis bunga dalam pinjaman online, seperti bunga fixed, bunga efektif, bunga floating, hingga bunga flat.

Itulah tadi beberapa istilah dalam pinjaman online yang penting untuk Anda perhatikan. Dengan mengetahuinya, proses transaksi menjadi semakin mudah.

Tips Hindari Pinjol Ilegal

Tips Hindari Pinjol Ilegal yang Sederhana Tidak Perlu Panik

Manfaat Pinjaman Online untuk Kebutuhan Finansial

Manfaat Pinjaman Online untuk Kebutuhan Finansial