in

Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal, Pilih Cermat Pinjam Aman

Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal
Unsplash.com

Maraknya pinjaman online yang kini tersedia membuat banyak orang merasa bingung untuk memilih pinjaman yang aman dan tepat. Sebagai nasabah kamu perlu tahu perbedaan pinjol legal dan ilegal. Supaya meminjam uang lebih aman lagi.

Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal
Unsplash.com

Satu hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam perbedaan pinjol legal dan ilegal adalah apakah sudah terdaftar dan dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu apakah pinjaman online tersebut memiliki aturan jelas dan teratur.

Sehingga hal ini berarti tingkatan keamanan dari pinjol tersebut. Untuk lebih tahu lagi, di bawah ini ulasan lebih lengkapnya.

Kepatuhan Pinjol Terhadap Hukum

Pinjaman online ilegal menyelenggarakan kegiatan tanpa adanya peraturan yang mereka patuhi. Baik peraturan POJK atau perundangan-undangan lain yang telah berlaku di Indonesia. Tentunya berbeda dengan pinjol legal yang selalu mematuhi peraturan berlaku di Indonesia.

Pengawasan

Pinjol ilegal tidak memiliki regulator yang bertugas untuk mengawasi semua kegiatan operasionalnya. Hal ini berarti pinjol ilegal menjalankan usahanya tanpa adanya peraturan. Berbeda dengan pinjol legal yang berada dalam pengawasan OJK, sehingga bisa lebih memperhatikan aspek perlindungan untuk konsumennya.

Cara Menagih Pinjaman

Semua tenaga penagih yang ada di lembaga pinjol legal wajib untuk memiliki sertifikasi yang diselenggarakan oleh AFPI. Hal ini berbeda dengan pinjol ilegal yang caranya cenderung menggunakan cara kasar yang mengancam, tidak manusiawi, dan bertentangan dengan hukum.

Transparansi Bunga dan Denda

Pinjol legal wajib memiliki keterbukaan terhadap informasi kepada konsumennya mengenai nilai bunga dan denda pinjaman maksimal. Pinjol ilegal sendiri tidak memiliki transparansi terhadap informasi yang jelas dan tidak menaati aturan hukum. Bahkan beberapa diantaranya memberikan denda dan bunga yang tinggi.

Lokasi Kantor

Lokasi pinjol legal sudah pasti dapat kamu temukan dengan mudah karena telah disurvei oleh OJK. Sementara itu pinjol ilegal alamat kantornya tidak jelas atau ditutupi. Bahkan bisa berlokasi di luar negeri untuk menghindari aparat hukum.

Pinjaman yang legal hanya akan mengizinkan beberapa aplikasi untuk diakses, berbeda dengan pinjol ilegal yang meminta akses seluruh data pribadi. Demikianlah beberapa perbedaan pinjol legal dan ilegal yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu. 

Cara Melunasi Utang Pinjol

Cara Melunasi Utang Pinjol Menumpuk Agar Tidak Terbebani

Tips Hindari Pinjol Ilegal

Tips Hindari Pinjol Ilegal yang Sederhana Tidak Perlu Panik