in

Tips Hindari Pinjol Ilegal yang Sederhana Tidak Perlu Panik

Tips Hindari Pinjol Ilegal
Unsplash.com

Pinjol ilegal merupakan suatu kegiatan peminjaman uang berbasis online yang perusahaan atau individu lakukan tanpa adanya izin resmi dari OJK atau lembaga keuangan lainnya. Karena itulah kamu memerlukan tips hindari pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat.

Tips Hindari Pinjol Ilegal
Unsplash.com

Tips Hindari Pinjol Ilegal yang Sederhana Tidak Perlu Panik

Pinjaman online ilegal ini sangat berbahaya karena bisa menimbulkan permasalahan pada nasabah terjebak pada siklus hutang yang sulit untuk keluar. Pinjol ilegal juga dapat menyebabkan pelanggaran pada hak konsumen.

Selain itu juga bisa merugikan penggunanya dengan menyalahgunakan informasi pribadi mereka. Melansir dari berbagai sumber, di bawah ini sejumlah tips agar terhindar dari pinjol ilegal.

Mengecek Aplikasi atau Situsnya

Platform pinjol yang resmi pasti sudah terdaftar dalam website resmi OJK dan bisa kamu unduh di platform resmi. Aplikasi pinjol yang legal memiliki tata cara mudah dalam penggunaannya dan berbeda dengan pinjol ilegal yang lebih rumit. Cara downloadnya juga bukan melalui aplikasi tertentu yang resmi.

Mengecek di Website Resmi OJK

Sebelum mengajukan pinjaman pastikan kamu mengecek platform pilihan di website resmi OJK. Pastikan platform tersebut apakah terdaftar sebagai P2P lending yang resmi atau tidak. Bila tidak terdaftar di OJK, maka sebaiknya urungkan niat untuk menggunakan jasanya karena bisa jadi mereka pinjol ilegal.

Pastikan Jika Rekam Jejak Digital Aman

Sebagai upaya untuk menghindari hal yang tidak mengenakkan seperti kebocoran data pribadi dan hal lain, sebaiknya periksa dahulu legalitas dan rekam jejak digital platform pinjol pilihan kamu. Pastikan juga identitas pemilik kantor serta alamat layanan pinjol tersebut. Kamu juga bisa membaca ulasan dari para pengguna aplikasinya.

Transparansi Bunga

Sebelum mengajukan pinjaman baca dan perhatikan dengan detail syarat, ketentuan, serta kebijakan dari penyedia pinjaman online. Dalam pengajuan pinjaman baik secara online maupun offline pasti terdapat besaran bunga yang perlu untuk kamu bayarkan.

Bila menggunakan aplikasi pinjol, pastikan informasi mengenai suku bunga serta tenor sudah transparan di awal. Sehingga kamu bisa mengkalkulasikan sendiri pengembalian pinjaman.

Kamu juga perlu berhati-hati dengan iklan pinjol yang berisi ajakan memaksa. Pinjaman ilegal biasanya menawarkan pinjaman melalui iklan spam di website atau SMS. Karena itulah kamu perlu memahami tips hindari pinjol ilegal di atas dengan baik. 

Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal

Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal, Pilih Cermat Pinjam Aman

Istilah dalam Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

Istilah dalam Pinjaman Online yang Wajib Diketahui